Wednesday, December 1, 2010

Batik Jenogoroan

    
Batik adalah warisan seni dari bangsa kita yang telah diakui Unesco sebagai warisan asli budaya Bangsa Indonesia. Di Indonesia terdapat banyak sekali motif batik diantaranya motif Batik Bojonegoro. Batik berkualitas asli Bojonegoro disebut juga Batik Jonegoroan. Batikpun sangat sesuai jika digunakan untuk acara formal seperti ke kantor, urusan resmi perusahaan, acara perkawinan ataupun acara non formal lainnya, dengan menggunakan batik anda akan tampil lebih elegan dan lebih bernuansa Indonesia, dan secara tidak langsung anda berpartisipasi dalam melestarikan budaya bangsa.  
Batik Jonegoroan mempunyai sembilan motif batik  dengan arti filosofi yang berbeda-beda pada setiap motifnya. Toko Batik Marely Jaya, merupakan toko batik yang memproduksi Batik  Jenegoroan. Batik Jenegoroan mempunyai motif yang unik yang membedakan dengan corak atau motik batik lainnya di Indonesia. Pemilik Toko Batik Marely Jaya bernama Ibu Pudji Rahayu. "Di toko kami, kami menyediakan kain batik motif asli Jenegoroan dan tersedia juga kain batik dengan bermacam macam bahan kain dengan harga yang sesuai dengan kualitas yang kami berikan, tetap terjangkau konsumen serta terjaga kualitasnya. Kami selalu menjaga mutu dan kualitas kain batik kami dan melakukan control yang ketat terhadap barang yang kami produksi.," terang wanita yang juga berprofesi sebagai guru seni di SMAN 1 Sumberejo Bojonegoro.
Beberapa Produk Batik Jenogoroan:
    * Motif Dasar
          o Gatra rinonce
          o Jagung miji emas
          o Mliwis mukti
          o Parang dahana mungal
          o Parang lembu sekar rinambat
          o parisumilak
          o Rancak thengul
          o Sata ganda wangi
          o Sekar jati
    * Motif Pengembangan
          o Jagung sekar sejagat
          o Jagung Tumpang Sari
          o Jati berlian
          o Jati Kalkel (suramadu)
          o Jati parang kusumo
          o Tembakau proyek dan rakyat

Toko Batik Marely Jaya
Alamat            : Jl Raya Prayungan, Sumberrejo, Bojonegoro, Jawa Timur
Website           : www.marelyjaya.com
Email               : marelyjaya@yahoo.co.id
YM                 : marelyjaya
Phone              : 08121736060
                          (0353) 331498


Filosofi Motif Batik
PARI SUMILAK
Kesuburan tanah (warna coklat) di bumi Angling Dharmo, sangat tepat apabila ditanami padi dan dibudidayakan secara maksimal sehingga mampu meningkatkan taraf hidup petani dan masyarakat  Bojonegoro. Pari (bhs.jawa) padi, sumilak (bhs jawa) sudah mulai menguning dan siap di panen,sehingga mempunyai makna padi yang sudah siap di panen di seluruh wilayah  bojonegoro. Diharapkan  ke depan Bojonegoro menjadi lumbung padi.

SATA GANDA WANGI
Sejak dahulu tembakau Bojonegoro sudah dikenal seluruh nusantara sehingga menjadi salah satu produk unggulan lainnya. Unggulan selain kayu jati  dan produk ungggulan lainnya. Jenis tanaman yang cocok untuk tanaman ini menghasilkan aroma yang khas/harum yang berbeda dengan daerah lain. Sata (bhs jawa) tembakau, ganda (bhs jawa) aroma, wangi (bhs jawa) harum, sehingga bermakna tembakau bojonegoro memiliki aroma harum. Diharapkan nama bojonegoro menjadi harum dan terkenal lewat tembakau sebagai salah satu potensinya.

PARANG DAHANA MUNGAL
Kayangan api adalah salah satu objek wisata andalan di kabupaten Bojonegoro. Merupakan sumber api abadi terbesar di asia  tenggara dan pernah menjadi  tempat pengambilan api PON  XV tahun 2000. Parang (bhs jawa) miring, dahana (bhs jawa) api ,mungal (bhs jawa) menyala / berkobar  sepangang waktu. Simbol masyarakat Bojonegoro yang dinamis, semangat dan mampu memberikan cahaya bagi masyarakat sekitarnya.

JAGUNG MIJI EMAS
Jagung merupakan tanaman yang merakyat dan tumbuh subur dikabupaten Bojonegoro. Hasil yang melimpah menggambarkan bahwa jagung juga dapat meningkatkan pendapatan sekaligus sebagai salah satu pengganti makanan pokok beras. Jagung, miji (bhs jawa) berbiji, emas, memiliki makna tanaman jagung di Bojonegoro adalah yang terbaik sehingga dapat meningkatkan nama Bojonegoro  dengan hasil panen jagungnya.

MLIWIS MUKTI
Mliwis mukti adalah jelmaan Prabu Angling Dharmo (raja malowopati) yang menurut legenda kerajaannya dianggap pernah ada di wilayah kabupaten Bojonegoro. Mliwis (bhs.jawa) burung belibis jelmaan prabu angling dharmo, Mukti (bhs.jawa) mulia,    sehingga bermakna meliwis yang mulia/tinggi, bukan sembarang meliwis, karena jelmaan raja, yang dapat momotivasi masyarakat  bojonegoro untuk bekerja keras, tekun dan ulet dalam berkarya guna mencapai kemakmuran.

GATRA RINONCE
Visualisasi perpaduan RIG (alat mengambil minyak) minyak an gas bumi digambarkan sulur dan bunga , dimana satu dan lainnya saling berhubungan dalam satu kesatuan bentuk. Warna hijau dan kuning melambangkan kemakmuran, kemuliaan, dan keindahan. Ga (Gas) Tra (Patra) minyak, Rinonce (bhs.jawa) ditata satu persatu,dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh an indah sehingga bermakna adanya gas an minyak bumi, apabila dikelola dengan baik dan tetap menjaga keseimbangan dan kelestarian alam dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat manusia, dapat meningkatkan taraf hidup, harkat dan martabat bangsa indonesia, khususnya masyarakat Bojonegoro.

RANCAK THENGUL
Wayang thengul merupakan salah satu kesenian tradisional khas yang hidup dan berkembang di Kabupaten Bojonegoro. Berbentuk tiga dimensi, terbuat dari kayu dengan  asesoris  kain sebagai busananya. Dasar cerita, menak dan panji. Gunungan/kalpataru-nya juga berbahan kayu dan bulu burung merak. Rancak Thengul (bhs.jawa) mengandung arti seperangkat Rancak Thengul sebagai warisan kesenian tradisional di Kabupaten Bojonegoro akan selalu terjaga eksistensinya, menjadi ikon Bojonegoro, lebih dikenal dan digemari masyarakat luas dan sekaligus sebagai bentuk pelestarian dan pengembangan salah satu warisan Pusaka Budaya(cultural heritage).

PARANG LEMBU SEKAR RINAMBAT
Sapi yang ditambatkan di kandang berbentuk barisan miring dengan  kombinasi warna hitam-putih menggambarkan di masa mendatang  Kabupaten Bojonegoro akan menjadi pusat pengembangan peternakan sapi. Parang lembu (bhs.jawa) deretan sapi yang ditambatkan membentuk barisan miring.Sekar Rambet, (bhs.jawa) bunga yang selalu merambat tanpa batas. Parang lembu sekar rambat bermakna , Kabupaten Bojonegoro dikenal harum karena peternakan sapinya sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar sekaligus dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

SEKAR JATI
Tanaman jati, mulai dari akar, pohon  dan daun dapat dimanfaatkan. Kayunya merupakan bahan baku meubelair, kerajinan bubut kayu. Tunggak  dan akarnya (gembol) dapat iolah menjadi karya seni yang bernilai tinggi. Sekar (bhs.jawa) bunga, jati (pohon jati) sehingga bermakna tumbuh suburnya pohon jati di Kabupaten Bojonegoro selaras dengan perkembangannya sentra-sentra kerajinan  kayu jati (meubel,bubuk kayu, gembol) sebagai roda kemajuan dan kreativitas masyarakat Bojonegoro dalam mengolah dan memanfaatkan tanaman kayu jati agar dapat  meningkatkan taraf hidup

Tips merawat batik
Batik memang sedang tren,namun bisa jadi belum banyak orang yang mengetahui cara merawat pakaian batik agar warnanya tetap awet. Berikut sejumlah cara alternative merawat batik kesayangan
  1. Saat mencucinya, gunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang banyak dijual di pasaran
  2. Cuci  kain batik dengan shampo rambut. Sebelumnya, larutkan shampo dan  air sampai tak ada bagian yang mengental. Lalu, celupkan kain batik.
  3. Mencuci  batik juga bisa dengan menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yang sudah direndam air hangat. Caranya remas – remas buah lerak atau daun  dilem sampai  mengeluarkan busa, lalu tambahkan  air secukupnya, dan siap untuk mencuci batik. Aroma buah lerak mampu untuk  mencegah munculnya hewan kecil yang bisa merusak kain.
  4. Saat mencuci batik, jangan pakai detergen dan jangan digosok. Jika batik tak terlalu kotor, cukup rendam di air hangat. Tapi jika benar- benar kotor, misalnya terkena noda makanan, bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk, caranya,  cukup dengan mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk di bagian yang kotor tadi.
  5. Sebaiknya jangan mencuci batik dengan mesin cuci.
  6. Saat akan menjemurnya, batik yang basah tak perlu diperas dan jangan menjemurnya langsung dibawah sinar matahari. jemurlah ditempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering.
  7. Saat menjemurnya, tarik bagian tepi batik secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.
  8. Jika sudah dijemur, hindari menyetrika batik secara langsung. Jika batik tampak sangat kusut semprotkan sedikit air diatas kain batik lalu letakkan sehelai kain di atasnya, baru disetlika
  9. Bila anda ingin memberi pewangi  atau pelembut kain pada batik tulis, jangan semprotkan langsung pada kainnya sebaiknya, tutupi dulu  batik tulis dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadi diatas Koran
  10. Jangan semprotkan  parfum atau minyak wangi langsung ke kain batik, terutama batik sutera dengan pewarna alami

No comments:

Post a Comment