Monday, March 5, 2012

Flemish Instrumen Bedah

Buku kecil manual untuk dokter bedah, berdasarkan Cyrurgie oleh Meester Jan Yperman. Flemish. Kertas, 130x95 mm. Flanders, kuartal terakhir abad 15. Leiden, UB: ms. BPL 3094

Buku Flemish menunjukkan instrumen bedah. Karena gambar seringkali lebih praktis daripada penjelasan rinci, ilustrasi dimasukkan dalam teks, yang menjelaskan bagaimana untuk mengobati penyakit tertentu melalui operasi bedah.

Pada halaman-halaman ditampilkan di sini (folio clxix verso-clxx rekto) pengobatan patah tulang senyawa kaki yang menjelaskan. Bagian ini sesuai dengan bab 32 dari buku 7 Cyrurgie Jan Yperman itu.

Buku ini asli, yang ditulis pada awal abad ke-14 oleh ahli bedah Jan Flemish Yperman, yang telah menerima pendidikan di Paris, membedakan dirinya dari banyak karya-karya abad pertengahan lainnya semacam ini dengan pendekatan yang sering masuk akal untuk masalah bedah. Beberapa salinan membuktikan bahwa itu cukup luas dan tetap digunakan untuk waktu yang lama. Naskah disajikan di sini adalah relatif muda. Teks ini sepenuhnya direvisi dan disusun kembali. Beberapa bagian tampaknya telah dipinjam dari sumber lain. Yang pasti, belum diketahui; naskah itu baru saja ditemukan dan telah dipelajari hanya secara dangkal sejauh ini.

 Literatur
     Edisi: E.C. van Leersum (ed.). De 'Cyrurgie' van Meester Jan Yperman. Leiden, 1912.
     J. Deschamps. Middelnederlandse handschriften uit Europese en Amerikaanse bibliotheken. 2. edisi, Leiden, 1972, nr. 95.
     R. Hogervorst. 'BPL 3094, een anoniem chirurgisch handschrift. Een Kopie van Jan Yperman? "In: Scientiarum Historia. Driemaandelijks tijdschrift voor de geschiedenis van de geneeskunde, wiskunde en natuurwetenschappen 21 (1995), hal 3-12.

No comments:

Post a Comment