Friday, April 15, 2016

Menyusui saat Puasa

\(^_^)/ Sebentar lagi puasa Ramadhan nih, tapi utang puasaku sek buanyak e sebulan full kemarin karena lagi hamil (beresiko). So, demi kebaikan bersama khususnya janin, emaknya belom boleh puasa dulu. Nah, sekarang begitu sudah melahirkan dan dalam keadaan 'suci', so mari kita kemon. 

Banyak ibu-ibu menyusui yang worry puasa sambil menyusui karena takut ASI akan berkurang, lemes, dan sebagainya. Alhamdulillah, pengalaman waktu Gaza dulu, meski puasa sambil menyusui semua dimudahkan Allah dan produksi ASI tetap melimpah. 

Tidak ada tips khusus sebenarnya untuk menyusui sambil puasa. Based my experience sih, saya jarang sahur sebenarnya kalau lagi puasa sendiri, kecuali jika Babah nemenin saya puasa. Yang pasti saya banyak minum air putih, khusus teh panas manis ketika buka puasa supaya tidak lemes. So, mending hindari minum es ketika buka puasa menggunakan es. Makan normal saja tidak 'balas dendam' juga tapi agak malam memberi jeda setelah makan menu buka puasa dan menunaikan sholat. Selebihnya normal seperti biasa saja. 

Oia, karena saya workingmom, jadi siang saya aktivitas di kantor dan baru pulang ketika sore hari. Tidak terlalu berasa karena ada aktivitas. Bagi saya, puasa dengan tidak ada yang dilakukan jauh lebih mneyiksa hehehe 

Happy breast fedding great mommy :)

No comments:

Post a Comment