Tuesday, July 19, 2016

Gili Labak

Gili Labak Island (dok. pribadi)







This is Gili Labak Island, The Hidden Paradise. Tempat wisata ini masih alami dan dikelola oleh warga lokal. Berdasarkan informasi dari pengemudi sampan, terdapat 33 kepala keluarga yang menghuni Gili Labak. Untuk mengakses Gili Labak, Anda dapat menempuhnya melalui pelabuhan Sarongggi, Kalianget, atau Talango. Kalau saya kemarin berangkat dari Talango, kemudian menyewa sampan seharga Rp 1.050.000,00. Sewa bis mini dari Pamekasan Rp 500.000,00. Terbilang mahal memang karena bertepatan dengan edisi lebaran dan harga makelar hahahaha. Sebenarnya harga normal per-2016 sekitar Rp 700.000,00-an, sisanya (Rp 350.000,00) dibagi sesama makelar :D It's okay, learning for experience :) 

Bila Anda berangkat dari Surabaya, dapat naik bus jurusan Sumenep mau yang ekonomi biasa, ekonomi AC, atau patas dengan range harga sekitar Rp 20.000,00 - Rp 100.000,00 untuk sampai ke Kalianget. Bus berangkat setiap jam, jadi Anda tidak perlu khawatir. Jika ingin menginap Anda bisa menginap di rumah penduduk sebagai backpacker atau di losmen (yang ingin honeymoon). Perjalanan dari Pamekasan ke Kalianget memakan waktu 2 jam + 2,5 jam waktu tempuh penyeberangan untuk sampai ke Gili Labak. Akan lebih baik jika Anda searching atau mencari banyak informasi terlebih dahulu, termasuk informasi cuaca  dan gelombang laut. Ini berdasarkan pengalaman saya kemarin ketika berkunjung ke Gili Labak, ombak sedang tinggi sekitar 1-1,5 m. Alhasil banyak penumpang mabuk laut. 

Ada baiknya, Anda membawa makanan ringan/cemilan, mie instan atau kopi dan air panas tentunya sebagai pelengkap piknik 2-3 jam setelah tiba di Gili Labak. Air mineral dan beberapa keperluan lainnya yang diperlukan. Tapi jika Anda tidak membawanya pun tidak jadi masalah, banyak rumah penduduk di tepi pantai yang membuka warung dan menyediakan makanan dengan harga yang masih terjangkau. Anda juga dapat snorkling dengan pelampung, kaca mata snorkling yang dapat Anda sewa Rp 10.000,00 per paket atau dapat memerolehnya sepaket dengan harga sewa perahu/sampan.

This is it. Enjoy your holiday :)

No comments:

Post a Comment