Friday, April 3, 2015

Tips Memilih Beras

Sebenarnya penasaran bin bingung sih yah. Ceritanya abis beli beras 10 liter di Acil langganan. Biasanya sih beras aman ajah dan selalu dapat diskon setiap pembelian. Tapi kemarin itu, gak biasanya beras yang aku beli beberapa hari tiba-tiba berubah warna menjadi kehitaman, buanya juga agak apek. Namun, sampai terakhir kali masak masih enak dan aman diperut.

Sayangnya aku belum sempat ke tempat Acil untuk minta klarifikasi (ecieh). Iyah ini penting karena menyangkut tanggung jawab penjual dan kepuasaan konsumen. Mudahan ini tidak berbahaya dan karena salah teknis. Bukan karena beras raskin yang dikomersilkan. FYI, Acil ini biasanya kulakan langsung dari petani soalnya. Positif thinking saja sambil tetap mutar otak untuk menyiasati beras yang masih sisa sekitar lima liter lagi.

Ke depan, agar lebih hati-hati lagi, mengutip dari sebuah web, maka berikut adalah beberapa cara untuk memilih beras :

Beras yang baik berwarna putih, tetapi tidak terlalu putih transparan.

Beras yang baik tidak berbau apek. Untuk itu, sebaiknya Anda mencium beras sebelum membelinya.

Beras yang baik jika digigit terasa keras dan tidak rapuh. beras yang rapuh biasanya mengandung air. Beras yang banyak mengandung air ini tidak tahan lama jika disimpan. Hal ini disebabkan ulah pengusaha beras yang nakal membasahi beras untuk menambah berat beras.

Beras yang baik jika dirasa tidak pahit. Rasa pahit ini biasanya disebabkan oleh adanya bahan pemutih yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Beras yang baik jika diremas dan dilepaskan lagi tidak menempel di tangan Anda. Beras yang menempel di telapak tangan Anda biasanya mengandung zat pelicin yang kurang baik bagi kesehatan Anda.

Sebagian beras yang putih memiliki kandungan gizi lebih rendah karena warna putih beras ini diperoleh dengan cara menggiling beras dua kali dengan mesin.

Sebagian beras yang putih mengatndung zat berbahaya karena ada sebagian orang yang menggunakan zat pemutih untuk memutihkan beras. 

Source: thecrowdvoice.com

No comments:

Post a Comment