Wednesday, May 2, 2012

Baba

Hari ini Baba melanjutkan interview kerja pertama setelah kemarin. Ini pengalaman kali pertama Baba kerja ke orang. Baba sebelumnya adalah pebisnis muda. Sejak kecil Baba merintisa karirnya di dunia bisnis meskipun kuliah mengambil kependidikan. Baba seorang pekerja keras dan disiplin. Biar begitu bukan berarti kesuksesan bisa datang begitu saja. Butuh perjunagan keras untuk bisa mewujudkan keberhasilan mimpi-mimpinya. Aku yang mendampinginya sekian tahun, tahu persisi bagaimana perjuangan Baba. Bahkan, sebelum akhirnya kami memutuskan untuk hijrah bersama ke Kalimantan. 

Sejak dua tahun terakhir, Baba diuji oleh Allah, Ujian kesabaran, keimanan, ketaqwaan, keihklasan, dan keuangan. Baba bangjrut mengelola bisnis kuliner di Surabaya karena izin lahan yang ternyata bermasalah dan penipuan oleh partner bisnisnya. Tentu saja, awalnya Baba syok berat kehilangan segalanya. Uang ratusan juta dan menyisakan hutang dimana-mana. Saat keterpurukan itu melanda, tak ada satu pun teman yang membantunya. Mereka hanya ada di saat senang dan menghilang saat-saat menyedihkan bagi kami datang. Baba bersabar dan sangat bersabar. Tetapi sebagai laki-laki tentu saja banyak kegalauan yang dirasakannya. Apalagi Baba menjadi kepala keluarga sekarang juga calon ayah bagi bayiku. 

Cobaan tak berhenti sampai di situ, saat keterpurukan itu masih melanda dan aku masih menunggu panggilan kerja, Allah menguji kami kembali dengan memanggil anak kami ke surga lebih awal. Harapan untuk menimang anak laki-laki kami kandas sudah. Aku berusaha tabah menghadapi semuanya. Aku berusaha tidak menangis di hadapan keluarga Baba karena saat itu kejadian berlangsung di kediaman keluarga Baba. Meski gurat kesedihan begitu dalam, aku tetap berusaha untuk tersenyum. Aku iba terhadap Baba, aku memaklumi jika terkadang ketika Baba lepas dzikir, ia merubah menjadi agak tempramen. 

Sebagai istri, aku orang kedua yang paling paham dirinya setelah ibunya. Kami berusaha membangun kehidupan baru di tanah Borneo, merelakan segala yang terjadi di tanah Jawa dan Madura. Melupakan sakit dan pahitnya dikhianati teman dan orang-orang dekat yang sudah kami percayai layaknya keluarga sendiri. Merelakan getirnya menjadi founder kehidupan rumah tangga dan pendapatan yang lebih baik untuk masa depan anak-cucu kami. Itu cita-cita besar kami sebagai salah satu bekal mereka kelak di kemudian hari setelah akhlak dan pendidikan.

Cobaan yang Allah berikan, Alhamdulillah semakin mengokohkan iman kami. Kami belajar banyak hal dan kami saling memotivasi, mendoakan, dan mengingatkan. Betapa setelah semua ini terjadi, kami belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik, tangguh, dan santun. Subhanallah,, 

Perlahan, Allah menunjukkan kuasaNya dan menjawab doa-doa yang tak henti kami lantunkan. Kami menjadi lebih istiqomah dalam sholat berjamaah, mengaji, dan puasa bersama. Juga perlahan kami mneyisihkan uang untuk berbagi rezeki kepada teman-teman kami yang kurang beruntung. Semoga berfadillah,, Amiinn :))

Beberapa bulan setelah perjanana panjang itu, Alhamdulillah saya diterima kerja. Tiga bulan berselang Baba juga mendapat panggilan kerja. Meskipun belum tentu diterima tapi kami sangat bersyukur. Aku senang sekaligus terharu melihat Baba menjadi lebih bersemngat setiap hari. Semoga ini menjadi awal yang indah dan merupakan kebangkitan kami untuk memulai hidup yang lebih baik dan bermanfaat bagi sesama. Kami akan merenda dan merajut kembali memperbaiki mozaik-mozaik yang telah patah dan hilang. Semoga berkah melimpah degan kehendak Allah dan kami dapat melunasi hutang-hutang kami lunas selunas-lunasnya. Semangat Baba,, Love you always :))


Batola
Medio Mei 9.39

2 comments:

  1. Layaknya malam dan siang, setiap pasangan yang telah dipersatukan oleh Allah. Siang dan malam datang silih berganti dengan segala karakteristik masing2, namun dengan siang & malam itulah waktu akan menghimpun hari, minggu, bulan, tahun sampai abad. Pasangan sejatinya saling melengkapi, menjaga dan menguatkan.

    ReplyDelete
  2. hohohoho,,
    akhirnya kubaca juga mbak,,
    sudah ku setting ulang neh,,

    yup-yup,,
    benuul banget deh,,



    Best Regard,,
    thanks for coming :))

    ReplyDelete