Minggu kedua dalam medio Oktober,,
sudah tiga minggu sejak hari pertama aku mulai mengajar sejarah di SMA GIBS,,
beragam metode dan model pembelajaran sudah aku praktikan,,
hasilnya Alhamdulillah cukup memuaskan dengan karakteristik siswa yang heterogen terutama suku mereka yang bervariasi :))
Awal pembelajaran sebelum kelas dimulai, aku membuat komitmen belajar dengan siswa melalui KOntrak belajar Sejarah (History Learning Contract) agar mereka disiplin dan menyadari kewajiba dan hak-hak mereka dalam belajar.
Minggu pertama sebagai kelanjutan dari program Himmah (semacam masa orientasi) aku memberi tugas membuat silsilah keluarga mereka agar mereka mengatahui dan paham betul nazab mereka,,
hasilnya sangat bervariasi,,
beberapa simpulan yang dapat saya peroleh diantaranya:
1. masih banyak keluarga dan daerah yang kurang sukses mengaplikasikan program KB,,
Banyak diantara siswaku yang memiliki saudara lebih dari lima orang
2. masih banyak juga siswa yang belum tahu secara utuh silsilah dan keturunan keluarga mereka,,
kebanyakan merupakan hasil kawin campur dari berbagai suku,, misalnya: Arab, Pakistan, Batak, Aceh, Bugis, dan Dayak,, bahkan banyak dari mereka sebenarnya masih memiliki keturunan ningrat,,
3. secara tidak langsung mereka juga telah mampu untuk melakukan heuristik sebagai tindak lanjut pembelajaran pada Bab 3,, silsilah keluarga tersebut juga digunakan sebagai dasar mereka untuk melakukan pembelajaran aktif pada Bab 2 tentang folklor :D
4. mereka juga tengah belajar membuat mind map atau skematik untuk memudahkan mereka belajar dan memahami pelajaran
Minggu kedua aku menggunakan metode point to point feat Bamboo Dancing mengingat sebagian besar dari mereka menyukai musik. Alhamdulillah, tidak ada siswa yang mengantuk atau malas-malasan belajar sejarah. Mereka sangat aktif untuk menambah point. Otomatis, minat belajar siswa meningkat. mereka juga jadi gemar membaca dan membuat rangkuman ala mereka sendiri. Pembeljaran minggu berikutnya dilanjutkan dengan Ulangan Harian I dengan hasil yang cukup, meskipun masih banyak yang remedial :P :D
Dank U studenten,,
belajar lagi yah,, sebenarnya kalian mampu hanya saja masih kurang teliti :D :P
sudah tiga minggu sejak hari pertama aku mulai mengajar sejarah di SMA GIBS,,
beragam metode dan model pembelajaran sudah aku praktikan,,
hasilnya Alhamdulillah cukup memuaskan dengan karakteristik siswa yang heterogen terutama suku mereka yang bervariasi :))
Awal pembelajaran sebelum kelas dimulai, aku membuat komitmen belajar dengan siswa melalui KOntrak belajar Sejarah (History Learning Contract) agar mereka disiplin dan menyadari kewajiba dan hak-hak mereka dalam belajar.
Minggu pertama sebagai kelanjutan dari program Himmah (semacam masa orientasi) aku memberi tugas membuat silsilah keluarga mereka agar mereka mengatahui dan paham betul nazab mereka,,
hasilnya sangat bervariasi,,
beberapa simpulan yang dapat saya peroleh diantaranya:
1. masih banyak keluarga dan daerah yang kurang sukses mengaplikasikan program KB,,
Banyak diantara siswaku yang memiliki saudara lebih dari lima orang
2. masih banyak juga siswa yang belum tahu secara utuh silsilah dan keturunan keluarga mereka,,
kebanyakan merupakan hasil kawin campur dari berbagai suku,, misalnya: Arab, Pakistan, Batak, Aceh, Bugis, dan Dayak,, bahkan banyak dari mereka sebenarnya masih memiliki keturunan ningrat,,
3. secara tidak langsung mereka juga telah mampu untuk melakukan heuristik sebagai tindak lanjut pembelajaran pada Bab 3,, silsilah keluarga tersebut juga digunakan sebagai dasar mereka untuk melakukan pembelajaran aktif pada Bab 2 tentang folklor :D
4. mereka juga tengah belajar membuat mind map atau skematik untuk memudahkan mereka belajar dan memahami pelajaran
Minggu kedua aku menggunakan metode point to point feat Bamboo Dancing mengingat sebagian besar dari mereka menyukai musik. Alhamdulillah, tidak ada siswa yang mengantuk atau malas-malasan belajar sejarah. Mereka sangat aktif untuk menambah point. Otomatis, minat belajar siswa meningkat. mereka juga jadi gemar membaca dan membuat rangkuman ala mereka sendiri. Pembeljaran minggu berikutnya dilanjutkan dengan Ulangan Harian I dengan hasil yang cukup, meskipun masih banyak yang remedial :P :D
Dank U studenten,,
belajar lagi yah,, sebenarnya kalian mampu hanya saja masih kurang teliti :D :P
No comments:
Post a Comment